Ikatlah ilmu dengan menulisnya, luangkan waktu untuk membacanya, pahami dan simpanlah dalam ingatan agar kamu dapat mengamalkannya, terutama untuk diri sendiri selanjutnya untuk orang banyak jika bisa sekaligus juga tidak apa-apa.

Sunday 1 May 2016

Jenis-jenis PHB ditinjau dari sisi susunannya


1. Main Panel
           Main panel diberikan nama utuk panel penerangan atau tenaga pada instalasi gedung atau industri  yang merupakan panel utama atau panel saluran masuk  energy dari PLN. Biasa posisinya adalah setelah APP atau Gardu PLN untuk yang kapasitas besar. Dari main panel ini kemudian daya disalurkan ke panel yang lain sesuai dengan perencaaan pada instalasi listrik gedung atau industri tersebut. Lay out nya seperti ditunjukkan pada gambar berikut ini:

2. Main Sub Panel
          Main sub panel diberikan nama utuk panel penerangan atau tenaga pada instalasi gedung atau industri  yang merupakan panel lapis kedua  atau panel yang menerima salura keluar dari Main Panel. Biasa posisinya adalah pada lapis kedua yaitu setelah main panel. Dari main sub panel ini kemudian daya disalurkan ke panel yang lain yaitu distribusi panel tau sesuai dengan perencaaan pada instalasi listrik gedung atau industri tersebut. Lay out nya seperti ditunjukkan pada gambar berikut dibawah ini.

3. Distribusi Panel

          Distribusi panel diberikan nama utuk panel penerangan atau tenaga pada instalasi gedung atau industri  yang merupakan panel penerima saluran dari main sub panel yag merupakan panel terakhir pada instalasi kelistrikan. Biasa posisinya adalah setelah mai sub panel  atau atau panel sebelum bebanr. Dari distribusi  panel ini kemudian daya disalurkan ke beban sesuai dengan perencaaan pada instalasi listrik gedung atau industri tersebut. 

Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment